Dear Mantan: Saya Lelah

Game ini adalah karya Tinker Games yang sebelumnya dikenal melalui INheritage. Tak seperti INheritage yang berupa bullet-hell shooter game, Dear Mantan adalah permainan simulasi sederhana bak Harvest Moon. Kekasihmu memutuskanmu, maka kini kamu punya 100 hari untuk membuktikan bahwa kamu pantas kembali padanya.

Untuk mencapai tujuan itu, kamu harus menyeimbangkan pekerjaan, istirahat, dan perasaanmu untuk meraih beragam prestasi. Akan ada notifikasi status dari sang mantan dan kejadian acak yang akan mempengaruhi parameter karaktermu. Perasaanmu akan meningkat dengan melihat foto mantan, dan perasaan di atas 50% akan meningkatkan efisiensi kerja dan pendapatan. Rasa lelah dapat dihilangkan melalui tidur (menghabiskan waktu) atau makan (tidak menghabiskan waktu namun uang). Namun, hati-hati karena jika perasaanmu terhadap mantan terlalu tinggi, kamu akan terjebak mode galau dan tidak bisa melakukan apapun yang produktif. Jika ini terjadi, berolahragalah, tidur, atau bakar kenangan bersama mantan untuk mengembalikan perasaan ke nilai yang lebih wajar.

Tinker melakukan kerja bagus dengan grafik sprite gaya lama yang indah, cerita dan teks tambahan yang menarik, serta musik yang lumayan. Hanya saja, begitu kamu mulai bermain, kamu akan kebingungan sendiri dengan pemrograman game ini. Awalnya semua terlihat baik-baik saja. Namun, tiba-tiba, uang yang dipotong ketika membeli makanan dan membayar pajak bisa empat kali lipat dari harga yang tertulis. Efek makanan kadang besar, kadang kecil. Uang yang kamu dapatkan lebih besar dari seharusnya. Status yang seharusnya hanya menambah sedikit perasaan membuat karakter langsung memasuki mode galau. Efek upgrade barang tidak terasa. Karakter tidak responsif. Penyimpanan data game tidak lancar, pemain seringkali terpaksa mengulang dari beberapa hari sebelum hari yang terakhir dimainkan saat keluar. Teks deskripsi benda terpotong.

Saat saya bermain, saya hanya merasakan manfaat upgrade laptop dan kulkas. Selebihnya hanya kosmetik. Berkat semua masalah di atas, menyelesaikan game ini jadi sangat mudah. Walau dengan kesalahan dan coba-coba di sana-sini, saya sudah mendapatkan semua barang terbaik di hari ke-24 dari 100 hari yang disediakan dan tinggal tidur terus menunggu batas waktu berakhir. Triknya, jangan repot-repot membuang uang membeli ini-itu di awal. Beli kulkas, setelah itu terus bekerja dan tingkatkan laptop hingga maksimal. Jaga perasaan selalu di atas 50% saat bekerja dan beli makanan seharga $35 jika HP rendah. Setelah laptop maksimal, membeli semua benda lain dan biaya upgrade-nya tinggal masalah waktu. Kalau terlanjur terkena status galau, tidur sangat nyenyak.

Terlepas dari kekurangannya, Dear Mantan sebenarnya merupakan game sederhana yang cukup baik penulisannya. Hanya saja, saya tidak begitu menikmati game ini karena sepertinya targetnya adalah mereka yang gampang mewek dengan nostalgia, sebab banyak notifikasi status yang memberi ganjaran baik dengan memilih pilihan yang menurut saya…cengeng. Yah, dibawa santai saja, banyak hal yang bisa ditertawakan di sini. Semoga masalah parameter yang kacau dapat diperbaiki saat game ini dirilis resmi, dan pengembang menambahkan variasi kejadian maupun pilihan yang dapat muncul.

Advertisements

Share your 2 cents!

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s